Sunday, July 3, 2016

6 Tips Memilih Ponsel Android Sesuai Kebutuhan

6 Tips Memilih Ponsel Android
Perkembangan teknologi menyebabkan ponsel operasi android dibuat dengan spesifikasi yang sangat beragam menyesuaikan kebutuhan pemakaian. Jika dulunya ponsel android ditawarkan dengan harga yang sangat mahal, kini tidak lagi. Anda bisa mendapatkan ponsel android dengan harga murah namun performanya tidak kalah. Tidak mau salah memilih ponsel android? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat memilih android:

1. Perhatikan performa ponsel
Salah satu kelebihan ponsel android adalah kemampuannya melakukan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan pengguna. Selama menggunakan android, Anda tidak hanya dapat melakukan panggilan dan SMS saja. Namun Anda juga dapat mengakses internet, bersosial media hingga memutar video atau audio dan gaming. Kelebihan ini tentunya membutuhkan performa yang luar biasa. Pastikan untuk memeriksa performa ponsel android sebelum membelinya.

Performa ponsel android ditentukan oleh spesifikasi CPU yang digunakan. Sangat disarankan untuk memilih ponsel android yang menggunakan CPU Quad Core 1.3 Ghz minimal. Tentu kualitas performa ponsel akan semakin baik jika CPU yang digunakan memiliki spesifikasi yang lebih baik. Selain Quad Core, ponsel android yang menggunakan CPU Octa Core hingga Hexa Core juga sangat menunjang kecepatan CPU yang luar biasa. Sehingga kinerja ponsel Anda semakin prima.

2. Daya Tahan Baterai
Daya yang dibutuhkan ponsel android untuk menjaga performanya cukup banyak. Terutama bila mengingat bagaimana ponsel android yang mampu melakukan multikerja. Kebutuhan daya yang cukup banyak akan membuat daya baterai semakin boros. Hal ini tentu akan menghambat kegiatan terutama bagi mereka dengan pekerjaan yang selalu menuntut terkoneksi dengan internet. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan daya tahan baterai sebelum membeli ponsel.

Kapasitas baterai paling ideal untuk ponsel android sebaiknya 2600 mAh. Semakin besar kapasitas baterai sebuah ponsel, maka semakin hemat pula daya yang diserap selama ponsel digunakan. Namun baterai dengan kapasitas yang cukup besar juga tidak menjamin kebutuhan daya ponsel dapat dipenuhi. Sebaiknya sandingkan kapasitas baterai yang cukup besar dengan fitur mengisi cepat atau fast charging yang telah digunakan pada beberapa ponsel.

3. Kapasitas penyimpan ponsel
Pekerjaan cukup banyak yang mampu dilakukan ponsel android harus didukung dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, ponsel android Anda terhindar dari kinerja yang lamban. Sehingga meski cukup sering digunakan, performanya masih dapat diadu dengan ponsel android lainnya. Kapasitas ponsel android sendiri dibedakan menjadi 3 jenis penyimpanan yang berbeda.

Penyimpanan pertama diletakkan di dalam ponsel aau lebih dikenal dengan internal memory. Selain itu ada juga RAM hingga microSD yang seringkali dimanfaatkan sebagai memori internal. Sebaiknya pilih memori internal dengan kapasitas lebih dari 8GB sehingga mampu menampung software bawaan dan aplikasi lainnya. Pilih ponsel android yang menawarkan memori eksternal cukup besar dengan RAM yang berkapasitas 1 GB. Kapasitas RAM yang besar juga akan menunjang kinerja ponsel android semakin cepat.

4. Ukuran hingga resolusi layar
Salah satu kecanggihan yang selalu menemani ponsel android adalah layar bentangnya. Jika dulunya ponsel android dibuat dengan layar berukuran 4 inch, kini semakin banyak android yang dibuat dengan ukuran layar sangat besar berukuran lebih dari 4 inch. Di satu sisi layar bentang ini akan memudahkan Anda melakukan navigasi. Namun di sisi lain, ukuran layar yang lebar membuat ukuran ponsel android sangat besar dan tidak nyaman digenggam.

Pastikan untuk memilih ponsel android dengan ukuran layar sesuai kebutuhan Anda. Sehingga Anda tidak kesulitan dalam melakukan navigasi hingga membawa ponsel android. Selain ukuran layar, pastikan bahwa layar ponsel menggunakan resolusi terbaik. Jika layar yang Anda pilih berukuran 5 inch, maka resolusi terbaik adalah 1280 x 720 pixels. Dengan resolusi ini, maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus dan tidak pecah.

5. Desain hingga warna ponsel
Bagi sebagian pengguna ponsel android, pilihan desain dan warna menjadi pertimbangan yang sangat penting sebelum memilih salah satu ponsel android. Desain yang modern dan futuristik akan membuat tampilan ponsel semakin stylish dan bergaya. Sehingga saat membawanya tidak terkesan kuno melainkan lebih menunjukkan kesan modern dan elegan. Sebaiknya desain ponsel juga harus mengacu pada kenyamanan Anda saat menggenggamnya.

Selain desain yang tepat, warna ponsel android juga menjadi pertimbangan sangat penting dalam memilih ponsel. Warna ponsel sebaiknya menyesuaikan dengan karakter pemiliknya. Jika karakter Anda tipikal kalem, warna-warna netral adalah pilihan yang tepat. Namun biasanya pengguna ponsel android cenderung memilih warna hitam. Meski netral, namun warna hitam menunjukkan tampilan ponsel yang lebih mewah dan elegan.

6. Harga ponsel
Pertimbangan yang cukup penting dalam memilih ponsel android adalah harga. Satu hal yang harus Anda pikirkan mengenai harga ponsel android adalah, bahwa harga selalu menentukan performa. Dengan kata lain, harga ponsel android yang mahal selalu sebanding dengan performa yang diberikan. Semakin mahal harga ponsel, maka semakin prima performanya dalam melakukan berbagai pekerjaan yang Anda lakukan.

Sebaiknya pilih ponsel android dengan harga sesuai budget. Selama ini ponsel android sendiri ditawarkan dengan variasi harga yang berbeda, mulai dari harga paling murah hingga mahal. Namun jangan khawatir tidak mendapatkan ponsel android yang memiliki performa luar biasa dengan harga cukup murah. Anda bisa mencari ponsel android dari merek ponsel lokal yang biasanya memiliki performa luar biasa namun ditawarkan dengan harga cukup terjangkau.
Share:

Advertising

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Stats

Protected by Copyscape

Copyright © Tips Gadget | Powered by Blogger Design by PWT | NewBloggerThemes.com