Wednesday, May 25, 2016

Apa Itu Gadget ?

Pernah mendengar kata gadget ? Pasti pernah. Kata gadget merupakan kata yang tidak asing bagi telinga kita, bahkan kita sendiri sering mengucapkan istilah tersebut. Namun apakah kita benar-benar tahu apa yang dimaksud dengan gadget ? Atau kita hanya sekedar berucap agar terkesan keren ?

Kata gadget memang identik dengan perkembangan teknologi. Dan perkembangan teknologi saat ini menandakan kemajuan berpikir dan kreativitas dari manusia. Pernah membayangkan jika sehari tidak memegang ponsel, memainkan ipod atau berselancar di internet dengan laptop ? Tentu Anda akan merasa bosan dan mati gaya bukan ? Nah, gadget sudah sedemikian merasuk ke dalam kegiatan manusia sehari-hari, sehingga rasanya mustahil untuk memisahkan kegiatan bekerja atau bersantai sekalipun dengan melepas gadget.

Apa itu gadget ?
Kembali ke persoalan pokok, apa makna sebenarnya dari gadget ? Bagi orang kebanyakan saat mendengar kata gadget yang tergambar di benak mereka adalah ponsel keluaran terbaru dengan fungsi yang makin lengkap. Pendeskripsian itu tidak salah namun kurang tepat.

Gadget sendiri adalah sebuah istilah untuk objek atau peralatan elektronik yang berukuran kecil dan lebih menonjolkan fungsinya sebagai teknologi tercanggih. Seperti ponsel yang merupakan salah satu pengembangan gadget dari bentuk telepon. Bisa dibilang gadget merupakan istilah untuk teknologi terbaru dari sebuah peralatan elektronik.

model dari gadget
Beberapa Contoh Gadget
Istilah gadget sendiri belum diketahui asalnya secara pasti. Ada yang berpendapat gadget berasal dari bahasa Inggris yang berarti alat elektronik dan digital kecil yang memiliki fungsi khusus sesuai jenisnya. Ada pula yang menganggap istilah gadget berasal dari bahasa Prancis yaitu gchette yang berarti alat pemicu pada berbagai mekanisme alat tembak, atau bisa juga berarti gage yang artinya aksesoris.

Namun gadget sendiri tidak selalu merujuk pada sebuah benda atau objek. Gadget saat ini juga mengacu pada aplikasi atau software terbaru yang dikembangkan oleh perusahaan piranti lunak. Contohnya software pada Windows 7 dan Windows 8 yang merupakan pembaruan dari program sistem operasi Windows.

Pengaruh gadget
Seperti yang telah disinggung di atas bahwa gadget merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan manusia. Mulai dari bekerja, bermain, mencari hiburan, berkomunikasi bahkan mencari jodoh pun bisa dilakukan melalui gadget. Semakin baru gadget yang muncul, semakin canggih pula teknologi yang dibawa dan akan semakin kuat ketergantungan manusia terhadap perangkat gadget tersebut.

Bagaimana tidak ? Yang dulunya jarak ribuan kilometer menjadi masalah kini bisa diabaikan dengan satu klik saja. Yang dulu sebuah pekerjaan harus memakan waktu lama untuk penyelesaiannya, kini dengan jaringan internet bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. Sehingga tidak berlebihan jika akhirnya gadget menjadi salah satu solusi serta gaya hidup baru yang lebih efektif, efisien dan tentu saja express.

Pengaruh gadget ini tidak hanya berlaku pada orang dewasa, namun anak-anak pun saat ini sudah mulai mengenal gadget. Bahkan sistem pembelajaran sekarang pun mulai mengikutsertakan perangkat teknologi untuk memperkenalkan kepada anak-anak dengan gadget sejak dini. Sehingga nantinya anak-anak bisa memanfaatkan gadget untuk belajar, mencari materi, atau melakukan penelitian dengan mudah. Jadi jangan heran jika anak SD pun bisa dengan santainya memegang ponsel canggih keluaran terbaru dan bahkan lebih mahir menggunakan semua aplikasinya ketimbang orang tuanya sendiri.

Kecanduan gadget
Segala hal yang berlebihan pastilah tidak bagus. Dan itu berlaku pula dengan penggunaan gadget. Kita tahu bahwa gadget tidak pernah bisa lepas dari kegiatan keseharian kita. Namun jika penggunaannya tidak terkontrol malah bisa menimbulkan kerugian bagi manusianya itu sendiri. Kita yang malah akan menjadi ketergantungan dengan gadget tersebut. Dan jika tingkat ketergantungan itu sudah parah, bisa mengakibatkan kecanduan yang mengganggu psikologi.

Kecanduan gadget ini bisa merusak apalagi jika seluruh waktunya hanya dihabiskan di depan gadget tanpa bersosialisasi dengan lingkungan atau bahkan keluarganya. Kecanduan gadget ini juga berbentuk pada menyelesaikan segala permasalahan melalui gadget. Padahal bagaimanapun gadget adalah sebuah produk ciptaan manusia yang juga memiliki keterbatasan dan tidak segala hal bisa dilakukan dengan gadget.

Tingkat kecanduan gadget yang sedemikian parah bisa merusak tidak hanya hubungan dengan lingkungan namun juga membuat kesehatan tubuh menurun. Jika seharian hanya bermain gadget hingga lupa makan, malas berolahraga dan mengabaikan kesehatan lingkungan maka jangan salah jika tubuh pun akan melemah serta rentan terkena serangan penyakit. Lalu bagaimana caranya untuk mencegah atau setidaknya mengurangi tingkat kecanduan gadget ini ?
1. Perbanyak pergaulan dengan teman atau lingkungan sekitar, sehingga akan sering pula melakukan aktivitas di luar bersama teman dan bisa terhindar dari gadget untuk sementara waktu. 
2. Mengatur jadwal bermain gadget. Bermain dengan gadget tidak masalah yang penting waktu bermainya masih lebih sedikit ketimbang aktivitas lainnya. 
3. Gunakan gadget hanya untuk keperluan belajar atau bekerja. Jika tidak terlalu penting lebih baik jangan sering-sering menyentuh gadget. Jika ingin lebih ekstrim misalnya matikan paket data pada ponsel sehingga ponsel hanya bisa difungsikan untuk menelepon atau ber-sms saja. 
4. Mulai dengan tekad dan niat, karena tanpa 2 hal tersebut rasanya akan sulit untuk membatasi diri berhubungan dengan segala macam gadget. 
5. Dan jangan pernah abaikan keyakinan nuraninya. Karena tiap orang punya kepercayaan kepada Tuhan-nya yang di akui,memberikan aturan yang di yakini sebagai sandaran pengendali diri,agar tetap terbimbing dalam tiap langkahnya.

Share:

Advertising

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Stats

Protected by Copyscape

Copyright © Tips Gadget | Powered by Blogger Design by PWT | NewBloggerThemes.com